BREAKING NEWS

Sunday, March 26, 2017

Resep Es Hunkwe Nyess, Bikinnya Pakai Materi Sederhana Banget

Es Hunkwe merupakan jajanan tradisional yang hingga kini masih eksis keberadaanya meskipun sudah banyak menu es modern yang muncul. Makanan cuek ini sering dijajakan didepan sekolah-sekolah dengan harga yang relatif murah. Sensasi kenyal, empuk dan nyess akan terasa di pengecap sesudah menggigitnya. Memang cocok banget disantap ketika siang hari.

 Es Hunkwe merupakan jajanan tradisional yang hingga kini masih eksis keberadaanya mes Resep Es Hunkwe Nyess, Bikinnya Pakai Bahan Sederhana Banget

Ada yang menyebutkan masakan ini dengan nama lain ialah "ES GABUS" sebab orang lebih banyak mengenal dengan nama ini daripada sebutan es hunkwe. Bahan baku yang dipakai untuk membuatnya tentu dari tepung hunkwe. Ada yang memasaknya dengan atau tanpa santan sebagai campurannya.

Pembuatannya ada yang mengkreasikannya dengan banyak sekali warna ibarat pelangi sehingga muncul juga sebutan "es lapis pelangi". Pewarna sendiri menggunakan materi alami ibarat essence atau pasta buah sehingga kondusif untuk dikonsumsi. Bisa dikatakan es hunkwe dengan warna warni ibarat ini lebih menarik mata dibanding dengan yang polosan putih.

Jika anak anda suka jajan es, cobalah menunjukkan es hunkwe ini dengan hasil buatan anda sendiri. Tentu lebih irit dan sehat sebab jajanan diluar sana masih belum terjamin keamanannya. Anda dapat juga mengakibatkan masakan ringan cuek ini untuk program kumpul keluarga ketika Idulfitri atau dapat juga dijadikan gabungan pada es buah, es teler atau es campur.

RESEP ES HUNKWE DISUKAI ANAK

BAHAN :
  • 1200 mililiter santan dari 1 butir kelapa
  • 250 gram gula pasir
  • 150 gram tepung hunkwe
  • 1 sendok teh garam
  • 1 sendok makan pasta sesuai selera (melon, mangga atau strawberry)
CARA MEMBUAT ES HUNKWE :
  1. Pertama, bagi semua materi menjadi 2 kepingan atau sesuai selera dengan berapa lapis yang diinginkan. Untuk tiap lapisan, siapkan wadah kemudian campur tepung hunkwe dengan sedikit santan saja untuk melarutkan.
  2. Setelah pembagian materi selesai, mulai dari lapisan pertama. Panaskan santan, garam dan gula untuk putih (bisa ditambahkan pasta sesuai keinginan), aduk terus hingga mendidih. Setelah itu, tuang larutan hunkwe sebelumnya. Masak terus hingga mengental kemudian tuang ke dalam loyang jikalau sudah matang, ratakan biar terlihat rapi.
  3. Tahap berikutnya, lanjutkan bikin lapisan berikutnya dengan teknik yang sama kemudian tuang ke loyang diatasnya adonan pertama yang sudah dibentuk sebelumnya, ratakan kembali. Diamkan adonan beberapa ketika supaya dingin, jikalau sudah keluarkan dan potong bentuk persegi panjang.
  4. Terakhir, bungkus menggunakan plastik dan simpan dalam freezer seharian atau hingga membeku. Es hunkwe siap dinikmati, dapat juga dijadikan pemanis es buah dengan dipotong kecil-kecil.

Post a Comment

 
Copyright © 2014 resep enak pasti Powered By Blogger.