BREAKING NEWS

Thursday, March 2, 2017

Resep Ayam Taliwang Sedap Orisinil Lombok

Resep Ayam Taliwang Sajian Lezat Khas NTB Yang Legendaris, Begini Rahasia Enaknya Yang Bikin Ketagihan Makan Lagi. Tak lengkap rasanya menyebut pecinta masakan nusantara bila belum merasakan masakan ayam taliwang. Sajian yang satu ini memang terbilang khas citarasanya. Jika digigit pertama kali niscaya akan merasakan sensasi pedas mantap dan sedikit anggun hingga ke bab tulang ayam. Menu makan ini dapat dijumpai di resto, kedai atau warung pinggiran di Lombok, NTB. Biasanya disajikan bersama dengan sambal terong mentah atau beberuk terong.

 Resep Ayam Taliwang Sajian Lezat Khas NTB Yang Legendaris Resep Ayam Taliwang Sedap Asli Lombok

Berdasarkan isu kebudayaan kemendikbud, masakan ayam ini diperkenalkan oleh masyarakat Karang Taliwang. Masakan ini sudah muncul semenjak tahun 1960 dan masih eksis hingga kini ini meskipun sudah muncul banyak resep ayam modern. Konon, orang yang pertama menjual masakan ini yaitu ibu Nini Manawiyah. Bahkan warungnya pernah disinggahi Jendral Ahmad Yani, sang satria revolusi.

Saat ini warung yang menjajakan ayam taliwang sudah menyebar dimana-mana terutama kota-kota besar menyerupai Jakarta. Kaprikornus untuk menikmatinya tidak harus jauh-jauh ke Lombok bahkan sudah ada yang lebih mudah lagi yaitu memesan lewat online yang mana sudah ada penjual yang siap mengirim masakan lewat jasa pengiriman.

Bahan yang digunakan untuk menciptakan hidangan ini yaitu ayam kampung yang masih gampang sekitaran umur 3-5 bulan. Memang terlihat sekilas kecil mungil sajiannya, namun jangan heran bila rasanyanya tidak sekedar mungil. Dijamin sekali santap, kedepannya niscaya kangen akan masakan sedap ini. Harga yang ditawarkan juga cukup murah sekitaran 25-27 ribu. Bagi yang tidak tahan dengan pedasnya dapat memesan dengan tingkat kepedasan tertentu.

Memasak ayam taliwang bergotong-royong tidak sulit, hanya membutuhkan beberapa tahapan saja. Jika ingin menyerupai orisinil dari Lombok, disarankan memanggang memakai kayu bakar kualitas tinggi menyerupai kayu nangka atau kayu kopi. Dengan arang kayu tersebut rasanya beneran maknyuss banget. Namun bila memang tidak ada dapat tetap pakai alat pemanggangan modern, tentunya rasa akan sedikit berbeda dengan yang original. Sajian ini cocok banget disanding bersama plencing kangkung.
 
BAHAN DASAR :
  • 600 mililiter santan dari 300 gram kelapa parut
  • 1 kilogram daging ayam, potong-potong sesuai selera
  • 1 sendok makan gula merah
  • 1 buah jeruk nipis
  • 1/2 sendok teh garam
  • 1/2 sendok teh kaldu debu atau sesuai selera
  • minyak secukupnya untuk menumis bumbu
BAHAN BUMBU (HALUSKAN) :
  • 15 buah cabai merah keriting
  • 12 butir bawang merah
  • 7 siung bawang putih
  • 5 butir kemiri sangrai
  • 1 sendok makan terasi
CARA MEMBUAT AYAM TALIWANG :
  1. Pertama, daging ayam dicuci dengan air hingga higienis kemudian balur dengan perasan jeruk nipis dan garam selama 40 menit.
  2. Setelah itu, panaskan minyak dengan api sedang dan tumis bumbu yang sudah dihaluskan. Lalu tuang santan secara perlahan.
  3. Kemudian masukkan serpihan daging ayam beserta gula merah, garam dan kaldu bubuk. Aduk hingga tecampur merata dan kuah menjadi mengental.
  4. Langkah selanjutnya, siapkan alat pembakaran kemudian ayam diangkat dari tumisan dan bakar dengan sisa bumbunya. Bolak balik hingga matang sempurna.

Post a Comment

 
Copyright © 2014 resep enak pasti Powered By Blogger.