BREAKING NEWS

Sunday, January 29, 2017

Resep Wajik Ketan Orisinil Enak

Resep Wajik Ketan Gula Merah Camilan Manis Sederhana Sajian Sedap Asli Enak. Wajik, siapa yang tidak tahu akan jajanan tradisional yang khas dengan citarasa legit dan cantik ini. Bagi para pecinta masakan lawas tentu akan sangat mengenal masakan ini. Camilan ringan ini sebelumnya hanya terkenal di Jawa saja namun dikala ini sudah menyebar ke provinsi lain ibarat Sumatra. Orang sana sering menyebut camilan cantik manis ini dengan sebutan "pulut manis".

 Resep Wajik Ketan Gula Merah Camilan Manis Sederhana Sajian Sedap Asli Enak Resep Wajik Ketan Asli Enak

Snack ringan ini sering dijadikan sebagai hidangan makan sederhana dikala arisan, pengajian bahkan hingga hidangan pembuka di program pernikahan. Wajik biasanya dibungkus menggunakan plastik putih. Namun ada satu kota yang membungkusnya dengan materi unik yaitu kulit janur, tepatnya ada di Blitar. Namanya juga unik yaitu wajik kletik. Citarasa hampir sama saja dan semua sama-sama enak.

Bahan dasar yang dipakai ialah beras ketan, gula jawa/merah dan gula pasir. Tentu bahan-bahan ini gampang ditemui dipasar. Sebagai penambah aroma seringnya menggunakan daun pandan. Sebenarnya jenis wajik dikala ini sudah menambah dan tidak hanya coklat saja, ada pula yang berwarna merah muda dan hijau. Warna merah ini didapat dari pewarna makan alami sedangkan hijau berasal dari daun suji. Dua wajik ini tidak menggunakan gula merah tetapi hanya menggunakan gula putih.

Kue ini selalu diburu banyak orang terutama ditempat jajanan tradisional. Disamping cantik rasanya juga lembut dikala dimakan. Memang dari tekstur luar terlihat ibarat beras yang belum matang namun dikala digigit ternyata sudah matang. Camilan ringan ini sanggup bunda sajikan sebagai hidangan makan santai bersama dengan teh hangat. Bisa juga bunda hidangkan dikala Idulfitri dimana niscaya banyak saudara akan berkunjung kerumah, cocok sekali untuk menghidangkan camilan cantik legit ini.

RESEP KUE WAJIK KETAN

BAHAN :
  • 1/2 kilogram beras ketan putih
  • 350 gram gula merah
  • 200 mililiter air
  • 50 gram gula pasir
  • 3 lembar daun jeruk purut
  • 3 lembar daun pandan
  • 1/4 sendok teh garam
  • 1 1/2 gelas santan
CARA MEMBUAT WAJIK KETAN :
  1. Pertama, basuh higienis beras ketang dan rendam selama 2-3 jam. Tiriskan.
  2. Jika sudah, kukus beras selama 40 menit hingga setengah matang.
  3. Siapkan panci satu lagi dan rebus air hingga mendidih.
  4. Kemudian tuang beras yang sudah dikukus kedalam air dan aduk hingga meresap. Diamkan beberapa saat.
  5. Langkah selanjutnya, masak gula merah, santan, gula pasir, daun pandan, daun jeruk dan garam hingga kental dan mendidih.
  6. Lalu tuang gabungan ketan dan masak hingga cairan gula meresap. Aduk-aduk terus hingga ketan kering dan berwarna kecoklatan.
  7. Jika sudah matang, tuang ke dalam loyang sambil diratakan dengan cara ditekan-tekan. Diamkan hingga dingin.
  8. Setelah itu, potong sesuai selera dan hias dengan daun pandan.

Post a Comment

 
Copyright © 2014 resep enak pasti Powered By Blogger.